Kesehatan
sabun anti bakteri

Ups, Ternyata Kebiasaan Mandi Ini Bisa Merusak Kulitmu Loh!

Usai beraktivitas seharian kamu pasti merasa penat. Cara melepasnya bisa dengan istirahat yang cukup. Sebaiknya jangan langsung tidur meski kamu merasa sangat lelah. Tetap utamakan kebersihan tubuh agar terhindar dari kuman dan bau tidak sedap. Kamu bisa mandi pakai sabun anti bakteri. Jadi, ketika berbaring badan terasa bugar dan istirahat pun jadi lebih nyaman.

Dibalik itu, ternyata ada beberapa kebiasaan mandi yang malah berpotensi merusak kulit. Hal tersebut sering tidak disadari dan dilakukan banyak orang. Nah berikut daftar kebiasaan mandi yang bisa mengganggu atau merusak kulit kamu.

Pakai Air Terlalu Panas

Friends, mandi pakai air hangat dapat memberikan efek tenang. Apalagi di tengah cuaca yang dingin. Rasanya begitu menenangkan. Tapi, berbeda jika air yang digunakan terlalu panas. Di bawah kulit terdapat kelenjar penghasil minyak atau sebum secara alami yang berguna untuk melembabkan sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Nah, mandi pakai air panas dapat menghilangkan minyak tersebut sehingga menyebabkan kulit jadi kering, bersisik, bahkan gatal. Maka itu, perlu memilih air dengan suhu yang membuat kulitmu nyaman. Suhu ideal untuk mandi berada di angka 37 derajat celcius dan tidak melebihi 47 derajat celcius.

Menggosok dengan Keras

Salah satu kebiasaan mandi yang bisa kasih dampak buruk bagi kulit yaitu menggosok tubuh terlalu keras dengan shower puff atau spons. Permukaan spons yang terlalu kasar cenderung menghilangkan pelindung alami kulit. Padahal, menggunakan tangan saat membersihkan tubuh juga sudah cukup untuk membasmi kotoran yang menempel.

Jika masih ingin menggunakan tools, Friends bisa memilih spons dengan permukaan yang lebih lembut atau memakai lap berbahan katun. Selain itu, rutin menggantinya secara berkala juga membantu agar tidak terjadinya penumpukan bakteri pemicu terjadinya permasalahan pada kulit.

Mandi Terlalu Lama

Kelamaan mandi bisa mengurangi kadar kelembaban alami kulit. Hasilnya akan menjadikan kulit lebih kering dan keriput. Apalagi sambil menggunakan air panas, berendam, bahkan berenang. Cukup dengan mandi selama 5-10 menit, kulitmu bisa terhindar dari resiko tersebut. Meski terbilang singkat, bukan berarti tidak bersih. Kotoran dan bakteri penyebab masalah kulit bisa tetap dihindari jika kamu mandi pakai sabun anti bakteri Medicare. Kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

Tidak Membasuh Badan Sehabis Berenang

Kalau Friends termasuk salah satu yang suka olahraga renang, jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan tubuh usai melakukan aktivitas tersebut. Meski terus melakukan kegiatan di air, bukan berarti badan selalu bersih. Umumnya, pada kolam terdapat Klorin yang merupakan campuran zat kimia dan digunakan untuk membunuh bakteri. Klorin kerap dijumpai pada kolam renang sebagai bahan pembentuk kaporit.

Meski terdengar bagus, Klorin juga bisa bunuh bakteri baik. Maka itu, berada di kolam renang terlalu lama juga tak bagus bagi tubuh. Sifatnya yang asam dapat mengikis lapisan pelindung kulit. Kalau kulitmu terasa kering dan gatal, itu bisa termasuk ke dalam reaksi kulit terhadap zat kimia Klorin.

Sehabis berenang, sebaiknya langsung lepas pakaian yang dikenakan dan bilas secara menyeluruh. Gunakan sabun anti bakteri Medicare yang dilengkapi dengan formula revolusioner Zebacth 100. Sabun Medicare ampuh bunuh 99.99% bakteri penyebab masalah kulit serta tidak mengandung TCC & Triclosan sehingga aman untuk kulit sensitif. Nggak perlu lagi khawatir soal permasalahan kulit meskipun Friends selalu bebas bergerak  dan menghasilkan banyak keringat. Pastikan tidak ada sabun atau sampo yang tersisa agar terhindar dari iritasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *