Otomotif
roots blower semarang

Perawatan Umum Roots Blower di Beberapa Industri Semarang

Apakah di plant industry yang kamu tangani sekarang ini terdapat mesin roots blower? Jika iya, perawatan atau pemeliharaan seperti apa yang sudah kamu terapkan demi menjaga mesin ini tetap mempunyai efisiensi kerja yang bagus? Merawat sebuah mesin tentunya harus kita sesuaikan dengan fungsi kerja yang dilaluinya yaa. Karena pada industry yang berbeda produk olahannya, tentunya intensitas pemakaiannya juga berbeda.

Roots blower Semarang sudah beredar luas dan memasuki berbagai area industry. Hal ini membuat bengkel service sangat dibutuhkan pada area industry tersebut. Karena perawatan atau pemeliharaan ada yang bisa dilakukan oleh operator plant. Dan ada juga yang mengharuskan pihak perusahaan menghubungi layanan service resmi sesuai dengan merek roots blower yang kamu gunakan. Misalnya saja kamu menggunakan roots blower dari Pedro gil Indonesia, maka kamu bisa menghubungi service aerzen Indonesia untuk kebutuhan servicenya.

Industry di Semarang yang Menggunakan Roots Blower

Sebelum kita belajar bagaimana cara merawat roots blower yang bisa kita lakukan secara mandiri. Kita akan mengenali terlebih dahulu industry di Semarang apa saja yang menggunakan mesin ini karena bukan hanya berfungsi sebagai alat pemompa gas tetapi juga bisa alat yang mendukung kinerja alat lain. Nah berikut ini ada beberapa industry yang sudah menggunakan roots blower Semarang diantaranya.

  • Industry pengelolaan atau pemurnian air

Roots blower merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengangkat kemudian memurnikan kandungan air tanah. Selain itu bisa pula digunakan untuk mengaduk endapat atau sedimen dalam sebuah sistem pengelolaan air tersebut.

  • Sebagai mesin incinerator

Dalam menciptakan sebuah mesin incinerator tentunya kamu membutuhkan roots blower. Incinerator atau proses pembakaran zat yang menggunakan alat ini akan lebih menunjukkan efisiensi kerja yang lebih baik loh. Hal ini akan membuat gas buang yang terlepas bisa lebih aman.

  • Industry printing

Selanjutnya roots blower juga banyak digunakan pada keperluan press printing. Dimana roots blower akan bergunan untuk mengangkat produk dari sebuah mesin percentakan, kemudian pemisahan lembaran juga bisa dilakukan menggunakan alat ini, dan saat pendistribusian agar tumpukan tetap rapi.

  • Industry yang terdapat proses pemindahan partikel

Roots blower juga sangat berguna saat akan mengangkat atau memindahkan zat gas atau dikenal dengan proses pneumatic ke tempat yang berbeda. Biasanya zat tersebut adalah vinyl chloride, PE, dan berbagai zat untuk pellet yang lainnya.

Selain industry yang telah kita bahas diatas, juga masih terdapat beberapa industry lain yang pada prosesnya menggunakan bantuan dari alat ini.

Perawatan Umum pada Alat Roots Blower

Selain menghubungi service aerzen Indonesia, adapunĀ  langkah yang perlu kamu tempuh dalam perawatan kesehariannya.

  • Inspeksi kualitas oli yang bertindak sebagai pelumas

Untuk mengurangi sebuah gesekan mesin yang sedang bekerja agar tidak cepat aus, seorang operator harus melumasinya dengan oli. Hal ini harapannya bisa menambah umur roots blower pada pemakaian yang intens. Pelumasan bisa kamu lakukan pada mesin besar atau utama, kemudian selalu menggunakan pelumas yang kualitasnya masih baik atau baru, dan lakukan inspeksi secara rutin pada komponen tersebut khususnya di industry yang mengelola air.

Inspeksi yang perlu dilakukan diantaranya melihat kualitas pelumas dan juga sisa pelumas pada mesin utama sebelum mesin tersebut dihidupkan. Jika kualitasnya sudah buruk ada baiknya lakukan pergantian pelumas secepatnya sebelum alat ini digunakan kembali.

  • Inspeksi V-Belt dan Pulley

Kerusakan yang terjadi pada V-Belt maupun pulley sering kali terjadi pada roots blower loh. Tandanya jika komponen ini rusak adalah adanya suara gesekan yang tidak normal. Dimana hal tersebut berasal dari v-belt dan juga pulley yang bergesekan dan sudah aus.

Untuk mengatasi hal tentunya kamu harus mengganti komponen. Dan saat perawatan v-belt dan juga pulley yang baru harus secara rutin diberikan pelumasan, hal ini berguna bagi pengurangan gesekan sehingga komponen tidak aus.

  • Inspeksi inlet maupun outlet pada slincer

Pada roots blower terdapat slincer yang merupakan sebuah peredam kebisingan dengan berbagai ukuran. Selain peredam, alat tersebut juga akan bisa menarik udara baik masuk maupun keluar. Nah komponen udara yang ditarik tentunya tidak terlepas dari partikel yang bisa menimbulkan penyumbatan. Sehingga komponen ini harus sering-sering mengalami proses cleaning sehingga proses aliran dapat terjaga dengan baik.

Nah berbagai perawatan di atas bisa kalian lakukan secara mandiri pada mesin yang kalian punya. Namun jika kerusakan tidak bisa teridentifikasi ada baiknya kamu menghubungi service aerzen Indonesia. Terutama jika kamu menggunakan roots blower Semarang yang diproduksi oleh Pedro gil Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.