Bisnis
aplikasi trading saham

Cara Menggunakan Fitur Analisis Teknikal di Aplikasi Trading Saham RHB Tradesmart ID

Aplikasi trading saham hadir untuk membantu aktivitas investasi Smart People. Nah, salah satu fitur yang dimilikinya memungkinkan Smart People sebagai pengguna RHB Tradesmart ID untuk lebih mudah melakukan analisis teknikal dalam menganalisis saham. Cari tahu cara menggunakan fitur analisis teknikal pada aplikasi trading saham RHB Tradesmart ID di bawah ini.

Apa Itu Analisis Teknikal?

Sebelum mengulas mengenai cara menggunakan fitur analisis teknikal di RHB Tradesmart ID, yuk pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan analisis teknikal. Analisis teknikal merupakan sebuah metode untuk menganalisis dan memprediksi pergerakan saham denganĀ  berdasarkan pada data pasar saham sebelumnya, terutama sekali data harga dan volume saham.

Para pengguna analisis teknikal mempercayai bahwa aktivitas trading sebelumnya atau di masa lampau dan juga perubahan harga pada saham, akan bisa menjadi indikator bagi pergerakan harga saham di masa mendatang. Biasanya, analisis teknikal digunakan untuk menghasilkan sinyal trading jangka pendek dari beberapa charting tools.

Dalam melakukan analisis teknikal, tentu ada sekelompok indikator yang dijadikan sebagai basisnya. Secara umum, para pelaku analisis teknikal menjadikan tren harga, pola grafik, indikator volume dan momentum, oscillator atau indikator untuk menemukan kondisi overbought atau oversold, moving average atau tren harga secara keseluruhan, serta level support dan resistance.

Analisis teknikal berkebalikan dengan analisis fundamental, tipe analisis lainnya yang juga banyak digunakan untuk kebutuhan analisis saham. Jika analisis teknikal fokus pada riwayat pergerakan atau tren harga saham, analisis fundamental lebih fokus pada kondisi finansial perusahaan atau emiten, yang akan memengaruhi pergerakan harga saham tersebut.

Cara Memilih Saham Menggunakan Analisis Teknikal

Analisis teknikal bisa dimanfaatkan untuk memilih saham. Smart People bisa lakukan 3 tahapan dalam memilih saham menggunakan analisis teknikal, dimulai dari stock screening, chart scanning, dan trade setup. Dengan melalui tahapan ini, maka akan bisa didapatkan kandidat saham potensial dari total saham yang ada di pasar saham.

Langkah pertama adalah stock screening alias menyaring saham-saham untuk dipilih beberapa yang dianggap potensial. Agar bisa menyaring saham yang sesuai dengan kebutuhan, Smart People bisa jadikan harga saham, nilai kapitalisasi saham, serta sektor dan industri saham sebagai dasar dalam mengelompokkan dan memilih saham-saham sesuai dengan kebutuhan.

Dalam melakukan stock screening ini, biasanya dibutuhkan moving averages atau pergerakan rata-rata dari harga saham tersebut. Dengan menggunakan moving averages, maka akan bisa diketahui arah pergerakan saham, sekaligus bisa digunakan sebagai garis support dan resistance. Periode moving averages yang biasa digunakan adalah dalam kurun waktu 20 hari dan 50 hari.

Dengan melakukan stock screening ini, tujuan yang ingin dicapai adalah menyusun daftar berisikan 20 hingga 25 saham potensial dari jumlah total saham yang ada di pasar saham. Jika sudah terkumpul daftar saham yang dipilih sesuai dengan indikatornya di atas, lalu dilanjutkan ke tahapan chart scanning.

Tahapan chart scanning dilakukan untuk melihat saham-saham mana saja yang memiliki entry point yang bagus. Terdapat 2 strategi dalam melihat saham dengan entry point yang bagus, yakni dengan mencari saham yang mengalami pergerakan harga yang naik tajam dan pergerakan jangka pendek ke arah yang berkebalikan dengan tren jangka panjang.

Setelah mempertimbangkan entry point dari saham tersebut dan pemilihan saham sudah makin mengerucut, saatnya melakukan tahapan ketiga yaitu trade setup. Dalam tahapan ini, maka Smart People memerlukan beberapa indikator untuk memilih salah satu saham yang diinginkan, yakni pola harga, volume, moving average, serta oscillator dari saham tersebut.

Menggunakan Analisis Teknikal pada RHB Tradesmart ID

Hasil analisis teknikal bisa jadi dasar pemilihan suatu saham untuk dikoleksi di portofolio saham Smart People. Agar Smart People bisa lebih mudah melakukan analisis teknikal, Smart People bisa manfaatkan fitur untuk analisis saham secara teknikal yang dihadirkan oleh aplikasi trading saham RHB Tradesmart ID. Lantas, bagaimana sih caranya menggunakannya?

Perlu dipahami bahwa RHB Tradesmart ID punya fitur SMART, yang mana salah satu fiturnya tersebut adalah Smart Analyzer. Smart Analyzer memiliki teknologi ARO (Assisted Robo Optimization) yang salah satu fungsinya adalah memberikan informasi mengenai technical trend alis tren secara jangka pendek hingga menengah.

Nantinya, teknologi ARO pada Smart Analyzer RHB Tradesmart ID ini akan mendefinisikan sebuah saham apakah sedang dalam kondisi trend up, trend down, sideways to down, atau sideways to up. Kekuatan masing-masing tren tersebut akan ditunjukkan dalam bentuk grafik, dengan indikator baterai yang berwarna merah atau berwarna hijau.

Sekiranya baterai hijau dalam kondisi terisi penuh, maknanya uptrend atau tren naik masih dalam kondisi sangat kuat. Sedangkan jika kondisi baterai hijaunya tidak terisi penuh, berarti tren naik tersebut dalam kondisi cenderung melemah. Begitu pun dengan baterai merah, jika terisi penuh maknanya downtrend sedang kuat, sedangkan jika tidak terisi penuh maknanya downtrend melemah.

Dengan menggunakan aplikasi trading saham RHB Tradesmart ID, Smart People akan bisa terbantu dalam menganalisis saham, khususnya jika melakukan analisis teknikal. Keberadaan ARO pada fitur Smart Analyzer-nya bisa diandalkan untuk melakukan analisis teknikal tersebut. Dengan begini, pengambilan keputusan investasi saham akan bisa terasa lebih mudah.

Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga, lalu mulai kumpulkan imbal hasil yang diinginkan. Manfaatkan deretan fitur unggulannya dan mulai investasi hanya dengan modal awal Rp100.000 saja.

Sumber:

Hayes, Adam. 2022, Maret 14. Technical Analysis: What It Is and How to Use It in Investing. Investopedia. Diakses pada tanggal 16 Januari 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/t/technicalanalysis.asp

Bohl, Lee. 2021, Agustus 11. How to Pick Stocks Using Fundamental and Technical Analysis. Charles Schwab. Diakses pada tanggal 16 Januari 2024 melalui https://www.schwab.com/learn/story/how-to-pick-stocks-using-fundamental-and-technical-analysis

Tim RHB Tradesmart. 2022, Juni 6. 3 Fitur ARO Si Smart Analyzer Milik RHB yang Gak Boleh Kamu Lewatkan. RHB Tradesmart. Diakses pada tanggal 16 Januari 2024 melalui https://rhbtradesmart.co.id/article/aro-is-your-smart-analyzer/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *