Lifestyle
AC mobil tidak dingin

Ayo Cari Penyebab AC Mobil Tidak Dingin!

AC mobil merupakan salah satu komponen penting yang ada di mobil. Namun jika suatu hari anda menemukan AC mobil tidak dingin tentu ini sangat mengganggu. Nah tentunya ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu Mengapa AC mobil anda menjadi tidak dingin.

Bagian punya kesibukan dan rutinitas, dan mendapati kondisi di mana AC mobil bermasalah maka akan langsung membawa ke service AC mobil. Namun perlu juga untuk mengetahui penyebab dari AC mobil yang tiba-tiba tidak dingin.

 

  1. Kondensor Kotor

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan salah satunya yaitu kondisi kondensor yang kotor. Kondensor punya fungsi untuk membuang panas yang dilepaskan kompresor. Jika kondensor kotor maka AC mobil bisa tidak dingin saat siang hari.

Salah satu penyebab bagian kondensor kotor karena tidak dilakukan pembersihan secara rutin. Sehingga akhirnya kotoran menumpuk dan menimbulkan karat. Selanjutnya yang terjadi adalah proses pembuangan panas menjadi tidak sempurna yang menyebabkan AC jadi tidak dingin.

 

  1. Freon Habis

Service AC mobil tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu Anda harus tahu beberapa penyebab dari AC mobil yang menjadi tidak dingin. Salah satunya itu yaitu akibat adanya kebocoran pada sambungan pipa. Sambungan pipa ini bisa bocor karena sudah aus apa usia sambungannya yang sudah tua. Penyebab lain freon bisa bocor mungkin juga karena adanya kerusakan pada bagian relief valve kompresor.

 

  1. Kompresor Rusak

Kompresor yang rusak juga menjadi salah satu ciri Mengapa AC mobil tidak dingin. Biasanya ciri tersebut juga ditandai dengan sight glass berwarna hitam. Jika sudah begini maka anda wajib membawanya ke service untuk bisa melakukan pengecekan lebih lanjut. bahkan Jika memungkinkan Anda harus mengganti kompresor pada AC mobil.

 

  1. Motor Extra Fan Mati

Penyebab lainnya yang membuat AC mobil menjadi tidak dingin adalah karena motor extra fan yang mati. Anda juga bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada extra fan apakah masih berputar atau tidak. Jika sebuah extra fan rusak maka akan mempengaruhi proses kondensasi sehingga berjalan dengan tidak optimal. Sementara itu proses kondensasi sangat penting untuk penurunan suhu dalam kondensor.

 

  1. Evaporator Tersumbat

Evaporator yang tersumbat bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil Anda terganggu sehingga jadi tidak dingin. Umumnya karena debu yang menyumbat aliran udara dari blower. Masuk ke aliran udara terhambat maka sirkulasi AC jadi terganggu. kotoran yang masuk ke evaporator terjadi akibat hisapan blower yang terhubung ke evaporator. Filter AC yang jarang dibersihkan juga bisa membuat evaporator jadi terganggu.

Demikian beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang umumnya sering terjadi. Nah bagi Anda yang mengalami hal tersebut, Segera lakukan pengecekan AC mobil ke bengkel terpercaya. Salah satu bengkelĀ  AC mobil yang paling direkomendasikan saat ini yaitu supercar.id.bengkel profesional satu ini wajib dipilih karena punya pelayanan dan para pekerja yang profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *