5 Tips Sukses Ulangan Harian

Setiap orang tua pasti menginginkan nilai anak-anaknya bagus. Mulai dari nilai tugas, nilai ulangan harian, nilai ulangan semester, hingga nilai ujian nasional. Nilai tugas meliputi nilai akan apa yang telah dipelajari pada saat itu, biasanya berisi tentang evaluasi pembelajaran dalam skala kecil. Nilai ulangan harian biasanya diberikan oleh guru saat satu bab materi telah usai. Serta nilai ulangan semester yang digunakan sebagai tolak ukur pembelajaran selama 6 bulan atau satu semester.
Karena memiliki prinsip yang sama, sebaiknya siswa tidak merasa takut ketika menghadapi beberapa ujian yang akan dilewati. Yang membedakan dari beberapa ujian di atas hanyalah ruang lingkup cakupan materi yang akan diujikan. Agar siap menghadapi ulangan harian, ikuti beberapa tips agar sukses saat ulangan harian berikut ini:

1. Tata Niat yang Kuat

Sebagaimana kata pepatah, Ada Niat Pasti Ada Jalan. Keberhasilan akan apa yang dilakukan oleh seseorang, berawal dari niat yang kuat. Jika niat sudah melekat maka apapun rintangannya akan dilaluli dengan sabar dan juga semangat yang tinggi.
Tanamkan niat beserta pola pikir yang positif agar dapat menguasai materi dan sukses saat mengikuti ulangan harian. Pola pikir ini akan membuat dorongan yang kuat agar bertindak, termasuk ketika belajar dan menghafalkan materi. Banyak cara untuk memperkuat daya ingat akan materi yang harus dikuasai, yakni dapat dengan cara bertanya langsung pada guru, teman sejawat, orang tua, dan juga guru les.

2. Hadapi Rintangan

Ketika meraih kesuksesan tentunya tidak semulus jalan tol. Begitupun juga ketika ingin mendapat nilai ulangan harian yang bagus. Terdapat banyak sekali hambatan untuk mencapainya. Beberapa hambatan menjadi tantangan tersendiri yang harus ditaklukkan oleh siswa. Diantara beberapa hambatan tersebut yang paling mendasar yaitu rasa malas. Seringkali siswa menyangkal jika diberi tugas. Biasanya mereka sering mengucapkan “Nanti saja ya bu belajarnya.” Sehingga siswa tak lagi fokus dengan belajarnya namun lebih fokus pada kegiatan lain yang menurutnya menyenangkan.
Rasa malas ini sebenarnya hanya bisa disingkirkan oleh yang bersangkutan, yakni siswa itu sendiri. Dengan pola pikir yang kuat, rasa malas tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Biasanya dapat menghindari hal-hal yang berbau melenakan siswa, seperti game, media sosial, dan lain sebagainya.

3. Pandai Atur Waktu

Kunci sukses ulangan harian selanjutnya yakni pandai mengatur waktu. Pada sebagian siswa baik itu siswa SD, SMP atau SMA biasanya masih sangat sulit untuk meluangkan waktu belajar. Apalagi pada era saat ini, dimana tiada waktu tanpa smartphone. Setan kotak ini mampu menghipnotis siswa untuk melupakan belajar.
Bermain smartphone memang boleh, namun ada baiknya jika diberi batasan waktu yang telah disepakati dengan diri sendiri. Sisakan waktu belajar yang rutin setiap hari agar lebih mudah mengingat materi sebagai persiapan ulangan harian.

4. Gunakan Strategi

Banyak sekali cara yang patut dicoba dalam kegiatan belajar agar menjadi lebih berkesan dan menyenangkan. Di era digital ini semuanya dapat diakses dengan mudah melalui genggaman. Segala informasi yang kita butuhkan dapat diperoleh hanya melalui satu kali klik.
Belajar tidak hanya didapatkan melalui buku paket yang tertumpuk rapi di rumah, gadget yang ada di genggaman juga dapat membantu kegitan belajar dengan maksimal jika digunakan dengan baik. Dalam internet tersedia banyak soal ulangan harian, serta video-video tentang pendidikan dan juga pengetahuan.

5. Hafalkan Pelajaran

Beberapa bidang study rupanya memerlukan teknik menghafal yang kuat, sehingga siap jika melakukan ulangan harian. Tidak semua materi dalam satu buku dihafalkan secara rinci. Namun perlu garis besar sebagai tolak ukur akan apa yang harus dikuasai.

Itu tadi beberapa tips agar sukses menghadapi ulangan harian. Dimana membuat siswa termotivasi sehingga dapat mengerjakan soal ulangan harian dengan baik serta mendapat nilai yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *